TRANS SEMARANG OPERASIONALKAN FEEDER 4

G
TRANS SEMARANG OPERASIONALKAN FEEDER 4
 
Semarang, Trans Semarang siap mengoperasionalkan Feeder 4 dengan rute BSB – Terminal Gunungpati – Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada tanggal 19 Juni 2020. Hal ini diungkap Plt. Kepala Badan Layanan Umum Unit Pelaksana Teknis Daerah Hendrix Setiawan. Feeder 4 akan dilayani dengan armada Microbus yang bisa menjangkau hingga ke pemukiman maupun perumahan dengan lebar jalan yang tidak bisa dilalui Bus. Titik awal pemberangkatan Feeder 4 dimulai dari Terimal Gunungpati.
 
“Masih ada wilayah pemukiman maupun perumahan yang tidak mempunyai kualitas lebar jalan untuk dilewati armada Bus Trans Semarang, sehingga kami mengoperasionalkan armada Microbus untuk Feeder. Feeder akan menghubungkan wilayah pemukiman dengan jalan utama karena tiap rute feeder akan terkoneksi pada jalur layanan Bus Trans Semarang. Penumpang dapat berpindah (transit) tanpa dikenakan biaya.”jelasnya.
 
Menurut Hendrix  untuk memudahkan Pengguna jasa berpindah dari Feeder menuju layanan Koridor Trans Semarang telah menyiapkan Halte transit di jalur Feeder 4, yakni: Terminal Gunungpati (transit koridor 8), BNI UNNES (transit koridor 6), dan BSB (transit koridor 4).
 
“Dengan beroperasionalnya Feeder 4 yang menghubungkan BSB – UNNES melalui Gunungpati, diharapkan akses masyarakat untuk bepergian semakin mudah. Waktu layanan Trans Semarang dimulai pukul 05.30 dan akhir pelayanan pukul 18.30 dari Halte transit Balaikota. Kami telah memasang 73 rambu disepanjang rute Feeder 4 yang dapat digunakan untuk naik dan turun.” tambahnya.
 
Sedangkan tarif Feeder sama dengan tarif Bus Trans Semarang. Berdasarkan Peraturan Walikota Semarang Nomor 54 Tahun 2019 tentang Tarif  Bus Rapid Transit Trans Semarang:  Umum Rp. 3.500,-,   Lanjut Usia (usia diatas 60 tahun),  Veteran,  Mahasiswa,  Pelajar,  Pengguna KIA  dan  Anak dibawah umur lima tahun Rp. 1.000,-.
 
Trans Semarang juga menyediakan pembayaran non tunai (cashless) seperti; E-Card Trans Semarang (dapat diperoleh di halte Balaikota, Halte Imam Bonjol Udinus, halte Simpang Lima, Halte Elizabeth), kemudian BRIZZI, BNI Tap Cash, Link Aja, OVO, dan Go Pay.
 
“Selain melayani pembelian tiket secara manual, kami juga melayani Transaksi non tunai (cashless) yang lebih memudahkan pengguna jasa dalam pembayaran. Transaksi cashless akan menghemat waktu dalam bertransaksi dan juga praktis.” Lanjutnya. 
 
 
Trans Semarang saat ini melayani 8 ditambah rute Bandara Malam dan 2 Feeder. Kedelapan koridor tersebut, yakni Koridor 1: Mangkang – Penggaron, koridor 2: Sisemut – Terboyo, Koridor 3: Pelabuhan - Elizabeth, Koridor 4: Cangkiran – Stasiun Tawang, Koridor 5: Meteseh –PRPP, koridor 6: Universitas Diponegoro (UNDIP) –  Universitas Negeri Semarang (UNNES), Koridor 7: Terboyo – USM – Balaikota, Koridor 8: Cangkiran –  Gunungpati –  Simpang Lima dan juga 2 Feeder yaitu; Feeder 1: Ngaliyan – Madukoto, Feeder 2: Bangetayu –  Kaligawe.